Sponge Tool dan Kegunaannya

Posted by Kucing Photoshop 0 komentar, Beri komentar anda !
Teknik rekayasa photoshop
     Coba anda buka google translate dan translasikan "sponge tool" dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia. Itu jelas tidak mengartikan faedah sebenarnya. Yang muncul disana hanyalah terjemahan dengan logika mesin yang sudah dibuat oleh google.
     Baiklah,saya tidak akan menjelaskan itu, karena dalam artikel ini saya hanya menjelaskan kegunaan dan cara menggunakannya. cukup itu saja.
Untuk kesekian kalinya saya tuliskan ," Ini hanya untuk pemula".
     Sponge tool secara efek yang ditimbulkannya terbagi menjadi 2, yaitu:
  1. Desaturate : Memberikan efek pemudaran saturasi/kadar warna. Sehingga bila tool ini disapukan ke arah obyek , maka obyek tersebut akan kehilangan warna aslinya dan mengarah ke tone warna "#FFFFFF (putih)" atau/dan "#000000(hitam)". Yang terlihat jelas oleh mata kita adalah efek Hitam-putih/grayscale
  2. Saturate     : Ini adalah kebalikan dari Desaturate. artinya meningkatkan saturasi warna. Dengan catatan; gambar yang sebelum diberi efek ini minimal harus mengandung sebuah tone warna selain hitam putih. Atau tidak boleh dalam mode Grayscale/Monochrome
      Bila menurut anda artikel ini cukup bermanfaat dan ingin menggunakan tool ini, ikuti langkah contoh pengaplikasiannya di bawah ini.
  • Buka aplikasi Photoshop anda, jangan buka milik dosen,guru,tetangga, atau yang menurut anda tidak pantas. ini akan berimbas pada eksistensi blog ini di dunia maya. ^_^.
  • Buka dokumen/file gambar anda yang akan di edit. Mis; foto anda, atau foto pemandangan. terserah anda
  • klik icon seperi yang ditunjukan gambar di bawah ini:
Teknik rekayasa photoshop
  • Pada option bar (secara default berada di bawah menubar), pilih salah satu mode (saturate / desaturate).kemudian pada flow, sebaiknya biarkan 100% atau cobalah bereksperimen !.
  • Atur diameter dan Kekuatan Brush dengan cara klik kanan pada obyek yang akan diedit.
  • Langkah berikutnya adalah anda tinggal menyapukannya pada bagian foto yang akan diberi efek ini.
     Sebagai contoh, coba anda perhatikan perbedaan foto wajah dengan mode normal (belum di edit), Desaturate, dan Saturate di bawah ini:
Teknik rekayasa photoshop
     Bila anda merasa ada yang kurang atau berlebihan dalam artikel ini, beri komentar anda di bawah... Terima kasih, salam blogger !
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Sponge Tool dan Kegunaannya
Ditulis oleh Kucing Photoshop
Rating Blog 4 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kotoranhewantetangga.blogspot.com/2013/02/sponge-tool-dan-kegunaannya.html. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

0 komentar, Beri komentar anda !:

Post a Comment

okenih.com adalah blog DOFOLLOW, sebuah keuntungan bagi anda yang juga berprofesi sebagai blogger untuk mendapatkan backlink. Berkomentarlah dengan URL/OpenID !. Terima Kasih.....................