Grouping Layer Dalam Photoshop

Posted by Kucing Photoshop 1 komentar, Beri komentar anda !

Untuk apa Grouping ?

     Banyak Photoshoper yang bertanya pada teman-teman, orang tua, tetangga, sanak famili, atau pada dirinya sendiri,"Untuk apa grouping layer di photoshop?". Mungkin tidak terlalu seperti itu kejadiannya. Tetapi perlu anda ketahui, saya juga sempat bertanya-tanya tentang hal ini kira-kira 2 tahun yang lalu. Mungkin 2,3 tahun tepatnya.
     Lalu untuk apa sebenarnya?. Secara teknis ya untuk mengumpulkan layer ke dalam satu group, bahkan bisa memasukan satu atau banyak group ke dalam group.
     Teknik ini sering dilakukan para master photoshop dengan alasan variatif, berskala (entah apa artinya) dan korelatif (ngawur). Yang saya tahu alasan mereka melakukan teknik ini yaitu:
  • Mempermudah pengerjaan suatu proyek PSD
  • Memetakan layer-layer agar tidak membingungkan
  • Mempermudah saat ingin merubah Layer Style dan Opacity
  • Biar keren
  • Biar terlihat profesional
  • Biar dibilang Master
  • Biar ganteng (?)
      Alasan-alasan di atas tidaklah tidak masuk akal, karena secara teknis keuntungan dari grouping memang demikian, mungkin bisa melebihi jumlah alasan di atas.
     Saya secara khusus sangat merekomendasikan anda menggunakan teknik ini dengan catatan layer yang anda kelola terhitung banyak secara matematis. Paling tidak melebihi 10 layer bila anda melakukannya dengan alasan mempermudah pencarian layer. Atau anda bisa mengaplikasikan teknik ini walaupun hanya memiliki layer kurang dari 5 jika anda benar-benar ingin memberi style/Layer style pada lebih dari satu layer, misalnya anda memiliki 4 buah layer yang ingin anda beri nilai Opacity dan Layer style yang sama, jadi anda tidak perlu melakukannya secara manual pada tiap layer. Cukup anda masukan ke dalam group yang sama dan pada group itu baru anda beri nilai Layer style dan Opacitynya.
    

     Bagaimana cara menggunakannya?

     Mudah saja, pastikan ada segelas kopi tepat berada di samping laptop/PC anda. Abaikan bila anda menggunakan Ipad,smartphone, atau tablet atau apalah terserah anda..
Lalu ikuti caranya di bawah ini:
  • Buat 2 buah layer baru (layer 1 dan layer 2)
  • Beri warna biru pada layer1 dan kuning pada layer 2
  • Buat sebuah group baru (group 1)
  • Lalu (Ctrl + Klik kiri) pada layer 1 dan layer 2
  • Geser keduanya ke dalam group 1 atau anda bisa menggunakan ( Shift + [ ) untuk memindahkannya ke bawah, ( Shift + ] ) untuk memindahkannya ke atas
cara mudah menggunakan group photoshop
  • Bila posisinya sudah seperti di atas, klik pada group 1
  • Coba ande geser slide Opacity, ubah nilainya menjadi kira-kira 40%

"Tampilan/hasil yang ditimbulkan adalah gambar berubah warna menjadi hijau karena kedua layer (layer 1 dan layer 2) sama-sama memiliki nilai/pengaruh 40% terhadap background putih"
  • Lalu anda bisa coba merubah Layer style. Misalnya dari Pass through menjadi Overlay atau apa saja. lihat saja hasilnya.

"Dengan anda merubah layer style pada group 1 , sebenarnya tidak ada efek berarti yang ditimbulkan karena di bawah group 1 hanya ada background dengan warna putih solid. Ini akan berpengaruh banyak bila di atas background/ di bawah group 1 anda sisipkan sebuah gambar/foto anda atau teks dengan warna bukan putih".
     Baiklah... selamat mencoba...............
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Grouping Layer Dalam Photoshop
Ditulis oleh Kucing Photoshop
Rating Blog 4 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kotoranhewantetangga.blogspot.com/2014/03/grouping-layer-dalam-photoshop.html. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

1 komentar, Beri komentar anda !:

Mama Pippa dan Zayn said...

kalau ungroup gimana caranya?

Post a Comment

okenih.com adalah blog DOFOLLOW, sebuah keuntungan bagi anda yang juga berprofesi sebagai blogger untuk mendapatkan backlink. Berkomentarlah dengan URL/OpenID !. Terima Kasih.....................