Seleksi Menggunakan Magic Wand Tool

Posted by Kucing Photoshop 1 komentar, Beri komentar anda !

     Proses seleksi merupakan salah satu atau satu-satunya hal yang harus benar-benar anda perhatikan dengan baik pada teknik olah foto digital atau desain grafis. Ini mengingat setiap proses editing pada sebuah foto tidak pernah luput dari proses selection (seleksi). Tentu terkadang anda hanya ingin melakukan editing pada sebagian dari foto itu saja bukan?.
     Sama halnya dengan menggunakan Pen Tool atau Rectangular Marquee Tool ,seleksi dengan Magic Wand Tool ini juga bertujuan untuk melakukan seleksi (^_^), namun dengan cara yang relatif instan bagi tingkat variasi tonal gambar yang kontras. Seperti gambar Vector atau kartun, Sketsa, dan lain-lain.
     Ada saja cara Programmer dan developer Adobe untuk memberi kenyamanan para usernya. Walaupun sebenarnya anda percaya atau tidak, budaya instan itu sangat bertolak belakang dengan profesionalitas seorang desainer grafis.

     Lalu bagaimana menggunakan Magic Wand Tool ini?

     Baiklah, bila dengan pen tool anda harus benar-benar membuat pola seleksi secara manual dengan bantuan ketelitian prima dari anda, beda halnya dengan Magic Wand Tool ini, anda hanya perlu menyeduh segelas kopi hangat beserta cemilannya. perhatikan caranya di bawah :
  • Buka sebuah gambar pada workspace photoshop anda. Sebelumnya, pastikan gambar itu tergolong gambar yang tidak rumit seperti contoh-contoh gambar yang saya jelaskan pada paragraf ke-2.
  • Sebagai contoh, perhatikan gambar di bawah ini :
magic wand tool photoshop
Diatas adalah gambar berformat .Jpg . Area berwarna putih di sekeliling obyek nenek lampir di atas bukan latar transparan. Itu yang nantinya akan di seleksi.
  • Kemudian gunakan Magic wand tool yang letaknya seperti pada gambar di bawah ini:
magic wand tool photoshop
  • Setelah anda sudah memilih Magic Wand Tool, soroti bagian Option bar (di bawah menu bar). Untuk melakukan seleksi per-area, atau hanya ingin menyeleksi sebagian area anda harus mencentang box Continguous, atau bila anda ingin semua area serupa terseleksi anda harus menghilangkan centangnya. lihat gambar di bawah:

Tolerance : tingkat toleransi area serupa yang akan diseleksi, Anti-Alias : Mengabaikan atau mengambil bagian detail area seleksi, Continguous : Mengabaikan atau mengambil untuk area serupa yang terpisah oleh area lain pada satu lembar kerja, Sample all layers : Mengabaikan atau mengambil area serupa dari layer-layer lain.
  • Setelah persiapan tool sudah selesai, anda dapat langsung melakukan seleksi dengan cara melakukan klik kiri pada area yang akan anda seleksi.
magic wand tool photoshop
Dengan menghilangkan centang pada box Continguous, anda hanya perlu melakukan klik sekali saja pada satu area seleksi, maka semua area serupa (dalam kasus ini area berwarna putih) akan terseleksi.
     Sekarang anda sudah berhasil membuat seleksi pada sebuah obyek gambar yang sebenarnya memiliki perkiraan proses seleksi yang rumit bila dilakukan dengan tool lain semacam pen tool, Polygonal Lasso tool, atau lasso tool.
     Mudah bukan?. anda tidak perlu berfikir panjang dan berkonsentrasi dalam. Sekali lagi saya katakan, anda hanya perlu menyeduh segelas kopi hangat beserta segenap cemilannya.
Terima kasih..........
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Seleksi Menggunakan Magic Wand Tool
Ditulis oleh Kucing Photoshop
Rating Blog 4 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kotoranhewantetangga.blogspot.com/2014/02/seleksi-menggunakan-magic-wand-tool.html. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

1 komentar, Beri komentar anda !:

grosir hijab syar'i modis model terbaru, modern dan termurah said...

beberapa ilmu dari agan sudah saya praktekkan
grosir jilbab cantik murah

Post a Comment

okenih.com adalah blog DOFOLLOW, sebuah keuntungan bagi anda yang juga berprofesi sebagai blogger untuk mendapatkan backlink. Berkomentarlah dengan URL/OpenID !. Terima Kasih.....................