Bagaimana Meng-copy Group Antar Project ?

Posted by Kucing Photoshop 1 komentar, Beri komentar anda !
     Pada suatu kesempatan, anda harus berhadapan dengan situasi dimana anda dipaksa oleh keadaan untuk membuat salinan dari sesuatu benda dengan komposisi,bentuk,jumlah,dan warna yang sama dari benda pokoknya. Tentu ini bukan hal yang baik, terlebih anda merupakan salah satu orang yang tergolong "Tidak rajin" bila itu dilaksanakan dengan metode manual.
     Hal di atas saya asumsikan pada kasus yang terjadi saat anda sedang berurusan dengan lembar kerja photoshop. Bila anda merasa kecerahan desktop anda cukup maksimal saat ini, itu sudah bisa dipastikan anda memang harus mengarahkan sejenak fikiran anda pada ruang lingkup photoshop. Saya rasa anda tahu.
     Contoh kongkrit dari kasus di atas adalah seperti gambar di bawah ini :
group photoshop
Pada proyek 1, terdapat tiga buah lingkaran dengan masing-masing warna Merah,kuning,dan biru dan memiliki ukuran yang sama dan komposisi saling tindih. ketiga lingkaran tersebut termuat dalam satu group. lalu bagaimana anda akan membuat group yang sama pada proyek 2?
      Anda bisa saja membuat leyer-layer baru , lalu membuat lingkaran tersebut dengan brush atau Elliptical marque. Tapi bukankah anda punya pekerjaan lain yang mesti dilakukan daripada meladeni pekerjaan ini? Kita sudah mulai membicarakan masalah waktu.
     Oleh karena itu, cara tercepat yang bisa kita lakukan adalah melakukan duplikasi. Ya, duplikasi. Sebelumnya anda boleh terlebih dahulu mengetahui apa itu duplikasi dari Wikipedia. Lalu Bagaimana cara menduplikasi Layer Group dari proyek 1 ke proyek 2? Begini...
  • Anggap saja anda sudah memiliki 2 buah proyek yang mana sebuah grup dari salah satu proyek tersebut akan anda copy dari proyek pertama ke proyek ke dua atau sebaliknya. Dalam tutorial kali ini saya mengasumsikan Proyek 1 sebagai Source (asal), dan proyek 2 sebagai Destination (tujuan). Atau sederhananya memindahkan group dari proyek 1ke proyek 2.
  • Klik kanan pada Layer Group yang akan anda copy (Source)
  • Pilih Duplicate Group
  • Maka akan muncul jendela baru seperti di bawah ini:
group photoshop
  •  Keterangan gambar:
    • As : Nama alias untuk group hasil duplikasi agar anda mengenalinya.
    • Destination
      • Document : Nama Proyek. Pilih Nama proyek destinasi (tujuan dimana anda akan meletakkan group ini)
  • Kemudian klik OK.
     Coba anda perhatikan pada Proyek destinasi, disitu sudah ada sebuah layer group yang sama persis dengan layer group pada proyek source. SELESAI.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Bagaimana Meng-copy Group Antar Project ?
Ditulis oleh Kucing Photoshop
Rating Blog 4 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kotoranhewantetangga.blogspot.com/2014/02/bagaimana-meng-copy-group-antar-project.html. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

1 komentar, Beri komentar anda !:

Unknown said...

bermanfaat good job

Post a Comment

okenih.com adalah blog DOFOLLOW, sebuah keuntungan bagi anda yang juga berprofesi sebagai blogger untuk mendapatkan backlink. Berkomentarlah dengan URL/OpenID !. Terima Kasih.....................