Layer dan Fungsinya

Posted by Kucing Photoshop 0 komentar, Beri komentar anda !
     Bagi sebagian orang, yang akan saya bahas ini tak jauh berbeda dengan bagaimana perilaku anak balita mengenal ibunya sendiri.Dan ini tidak perlu saya jelaskan lagi.
     Baiklah, Layer atau dalam bahasa indonesianya "Lapisan" memang murni berarti lapisan. Ini sesuai dengan bagaimana ia diterapkan dan diperlakukan dalam satu lembar kerja Photoshop, yaitu menjadi bagian-bagian atau lapisan-lapisan yang ditumpukkan dari atas ke bawah, yang mana posisi Layer dari atas sampai ke bawah memiliki nilai prioritas yang berbeda-beda.
    
Perhatikan gambar di bawah ini:
Layer dan Fungsinya
     Di posisi atas ke bawah = Layer 2 >> Layer1 >> layer 0 . Ini berarti nilai prioritas Layer 2 lebih utama.
     Coba anda perhatikan Box dengan nilai "Normal" di atas. Itu adalah jenis/model lapisan yang akan berpengaruh pada citra lapisan di bawahnya. untuk lebih jelasnya coba anda terapkan model lapisan pada masing-masing layer. sepert yang ada pada gambar di bawah.
Layer dan Fungsinya
     Berikutnya coba anda perhatikan gambar di atas, dan fokus pada beberapa icon  kecil di bagian bawahnya. lebih jelasnya, perhatikan di bawah:
Layer dan Fungsinya
KETERANGAN (Dari kiri ke kanan):
  • Link Layer  : Untuk menghubungkan layer. caranya; pilih beberapa Layer seperti anda memilih beberapa file di windows explorer (tahan Ctrl untuk memilih beberapa)
  • Layer Style : Digunakan untuk menambahkan Style layer. Coba simak di SINI
  • Layer Mask : Menambahkan Mask pada layer, nantinya Layer dan Mask akan langsung di Link (dihubungkan).
  • Create Fill/Adjustment : Ini diterapkan untuk membuat layer Baru di posisi paling atas (default) untuk membuat aturan Intonasi,saturasi,HUE,invert, dll . yang akan mempengaruhi citra semua layer di bawahnya.
  • Create a new group : Untuk membuat grup layer yang akan menggabungkan beberapa layer di dalamnya.
  • Create New layer: Membuat Layer baru, secara default,, posisi layer baru yang baru anda ciptakan terletak di paling atas. Ini akan membuat layer kosong dan dapat anda perlakukan sesuai keinginan anda. seperti menambahkan shapes, seleksi, copy/cut layer ataupun menempatkan(place) gambar baru dari komputer anda.
  • Delete layer : Dari namanya saja sudah mengindikasikan bahwa saya tidak harus menjelaskan.
     Bicara masalah "apa yang dapat dihasilkan dengan memanfaatkan layer ini" , tergantung imajinasi dan kreativitas anda sendiri ! cukup anda bayangkan saja apa yang dihasilkan dari masing-masing model layer dan kombinasikan beberapa layer, gunakan tool lainnya seperti Elliptical marquee tool , Rectangular Marquee tool, Pen tool, dll. Jangan lupa juga Lakukan proses pemilihan gambar/foto yang tepat.
     Saya yakin dan percaya, dengan penguasaan teknik, pemahaman seni murni, dan bakat kreatif anda dapat menghasilkan Output photoshop yang berkelas. Salam Blogger !!!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Layer dan Fungsinya
Ditulis oleh Kucing Photoshop
Rating Blog 4 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kotoranhewantetangga.blogspot.com/2013/02/layer-dan-fungsinya.html. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

0 komentar, Beri komentar anda !:

Post a Comment

okenih.com adalah blog DOFOLLOW, sebuah keuntungan bagi anda yang juga berprofesi sebagai blogger untuk mendapatkan backlink. Berkomentarlah dengan URL/OpenID !. Terima Kasih.....................