Teknik Seleksi Pada Rambut

Posted by Kucing Photoshop 0 komentar, Beri komentar anda !
     Secara struktur penampang (bentuk 2d), rambut, terlebih lagi rambut dengan pola abstrak atau sebut saja berantakan menjadi problem utama dalam proses pemotongan/seleksi obyek manusia,hewan, atau apa saja yang memiliki bulu.
     Namun bila anda adalah tipe insan penyabar,teliti, dan memiliki kepala sedikit lebih keras dari batas normal silahkan saja anda gunakan pen tool anda dan buat seleksi sedetail mungkin. Atau bisa saja anda langsung berlih ke SINI untuk mencari artikel lain karena saya rasa artikel ini sungguh tidak mengena bagi tipe manusia seperti anda. Peace !.
     "Nah, untuk siapa artikel ini?". Periksa kualitas kontrol emosi anda, bila anda adalah tipe manusia yang sangat berbeda dengan yang sudah saya sebutkan pada paragraf ke-2. silahkan lanjutkan baca!. semoga artikel ini sedikit membantu.
     Sekedar ingin memberi tahu, Saya tidak termasuk tipe manusia paragraf ke-2. Mungkin dengan alasan itu maka saya berusaha membuat artikel ini.
  
     Untuk mempertegas pengaplikasian teknik ini, maka Pada kasus ini saya arahkan anda untuk menciptakan gaya rambut spike, seperti berduri-duri. Perhatikan beberapa langkah dingkat di bawah!
  • Buka photoshop anda, dan buka file (gambar) anda. Ingat ! anda akan merasa kebingungan mengikuti langkah-langkah seterusnya bila yang anda buka adalah foto Kotak atau keranjang mainan. Lihat kembali judul artikel ini !.
  • Setelah anda mengikuti langkah pertama, saya asumsikan lembar kerja photoshop anda setidaknya akan terlihat seperti ini:
  • Kemudian Zoom/Sorot bagian rambut. bisa anda pilih dari toolbar atau dengan menahan (Crtl + Alt) + scroll mouse. "Mengapa ini dilakukan?", mereka bertanya. "Karena kita tidak sedang ingin memberikan lipstik di bibirnya", jawabku . 
  • Perhatikan contoh zoom di bawah :
  • Lalu mulailah membuat seleksi dengan Pen tool . Ingat!, bila anda masih merasa belum masuk kategori tipe manusia pada paragraf ke-2, lakukan saja sembarang seleksi dengan catatan "Hanya bagian rambut saja" dan "jangan terlalu berantakan". Bila anda belum tahu cara menggunakan pen tool, klik di SINI.
Contoh seleksinya kurang lebih seperti ini:

  • Setelah anda rasa proses seleksi anda sudah benar dan tidak perlu menyeleksi ulang, maka duplikasikan Layer Gambar anda tersebut dengan cara klik kanan pada ruang seleksi (rambut anda tadi) >> pilih Layer via Copy.
  • Sekarang anda memiliki 2 buah layer, yang pertama adalah gambar pertama anda (primer), dan yang kedua adalah potongan bagian rambut anda.
  • Pastikan anda masih pada layer kedua, dan gunakan Smudge tool seperti yang ditunjukan gambar di bawah ini:
     Dan beri aturan seperti ini:
  • Kemudian sapukan pada potongan rambut (layer ke-2) tadi. bentuk pola sesuka anda. anda juga dapat merubah besar/kecilnya brush dengan melakukan klik kanan dan tentukan sendiri ukurannya.
Smudge tool memberikan efek seperti gambar ini:

  • Setelah anda sudah merasa selesai, anda akan ditujukan pada 2 pilihan.
  1. Save
  2. Merge Layers
     Save artinya anda merasa pekerjaan anda hanya ingin membuat rambut spike saja. dan selesai. Merge layers mengindikasikan anda ingin membuat tambahan beberapa efek/manipulasi lagi di sana. Dan semua tergantung bagaimana anda merespon hasil karya anda sendiri. 
     Sampai di sini saya rasa ada 2 hal sekaligus yang sudah anda ketahui, yaitu cara membuat seleksi rambut plus cara membuat gaya rambut spike. Tidak terlalu rumit, bahkan bagi sebagian kalangan di luar sana teknik ini terlalu mudah. Terima kasih...
                                                                Salam blogger !!!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Teknik Seleksi Pada Rambut
Ditulis oleh Kucing Photoshop
Rating Blog 4 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kotoranhewantetangga.blogspot.com/2013/02/teknik-seleksi-rambut.html. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

0 komentar, Beri komentar anda !:

Post a Comment

okenih.com adalah blog DOFOLLOW, sebuah keuntungan bagi anda yang juga berprofesi sebagai blogger untuk mendapatkan backlink. Berkomentarlah dengan URL/OpenID !. Terima Kasih.....................